Tips Merawat dan Menambal Ban Tubless

Bagi teman teman yang suka berkendara, masalah seputar ban bocor tentu sering ditemui dan harus diwaspadai. Meskipun ban masih baru, tapi kalo lagi apes, kempes juga ketusuk benda lancip seperti paku dan semacamnya. Lalu ban itu digantikan ban serep dan dibawa ke tukang tambal ban. Lalu apa yang akan dilakukan tukang tambal?  Dengan pembelaan bahwa ban akan ditambal, ban yang tadinya utuh tadi sekarang ditusuk dengan alat tusuk yang besarnya  kira kira sama dengan ukuran kelingking kita. Ban yang tadinya bocor hanya seujung jarum, sekarang dibuat bolong sebesar mulut pipa. Para tukang tambal ban tubles menyebutnya dengan “Cara menambal ban tubeless”. Tahukah anda bahwa ini adalah permulaan dari kiamatnya ban baru kita.

Setelah dibolongi dengan alat tadi, tali serabut disumbatkan ke bolongan ban dengan regangan yang cukup potensial untuk semakin merusak ban. Mulai dari bahan karetnya, anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya dibikin sobek dan putus berantakan, sehingga ban kita menjadi semakin lemah.  Inilah bentuk kiamat dari ban kita setelah membayar ongkos tambal 8 – 10 ribu perak. Untuk pertama kalinya tambalan mungkin masih bisa bertahan selama beberapa  minggu atau bulan, tapi jika bocor lagi dititik yang sama kagak bisa lagi disumbat dengan tali serabut itu. Melainkan harus menggunakan ban dalam. Lho ??.. ini kan ban Tubles,.. masa pakai ban dalam ? (^_^)v.

Padahal kalau kita mau bersabar, ada cara yang jauh lebih unggul (dalam hal kekuatan, tidak merusak  sama sekali), hemat waktu, biaya dan tenaga, dan …… dapat  dikerjakan sendiri tanpa melepas roda.

Caranya adalah dengan mendongkrak roda yang bannya bocor (ban tidak perlu dilepas). Lalu putar  setir agar ban mengarah keluar spakboard. Pompa sampai penuh lalu  putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake tip-ex). Cucilah hingga bersih daerah bocor
itu lalu dilap dengan lap kering. Setelah kering tetesi dengan lem power glue  sehingga  lem meresap ke dalam lubang.
Cukup dengan lem power glue yang harganya Rp.1000 saja. Bantulah dengan  menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu tunggu kering selama beberapa menit.  Lalu pompa lagi Ok! Pekerjaan menambal selesai.

Apa keunggulannya?
1. Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem pawer lebih tinggi dibanding  daya kohesif karet sendiri, jadi titik ini menjadi lebih kuat  daripada bagian yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya menggunakan lem, Life time guarantee!

2.  Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.

3.  Tidak menambah massa yang mempe­nga­ruhi balancing.

4. Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban. Menggunakan ban dalam menambah biaya, menambah rumit setting roda,  keandalan yang lebih rendah dan risiko kegagalan yang jauh lebih tinggi.

5. Tidak tergantung pada orang lain dan tukang tambal ban maupun alat-alat yang lebih rumit. Dapat dilakukan sendiri dengan mudah, cukup bermodalkan sebuah lem pawer Rp.1000 saja, satu pompa sepeda anak-anak di rumah, dan dongkrak yang sudah ada. Biaya yang jauh lebih rendah. Satu tabung kecil lem pawer dapat menambal puluhan
titik bocor.

6. Kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah mangalami bocor. Tidak merusak jaringan karet, benang dan kawat ban.

Advertisements

20 Responses

  1. Thanks infonya..
    Tp ane sudah kecolongan, tadinya mau minta tolong cabut pake pake tank capit malah sekalian dibolongin pake obeng bannya.. Sungguh sakit hatiku, ban baru 2000km di tusbol hingga hilanglh perawannya .. Grrrr..

  2. mantaps dahh tipsnya..

  3. Tenks atas info y jdi pngen pke ban tubles nie?

  4. Terima kasih infonya

  5. ya tuh….baru semalam kejadian pada saya bocor sejarum jadi satu kelingking akhirnya malah jadi tiga kali nambal pada lubang yang sama pada satu hari…..jadi mesti ganti ban deh….

  6. Info’y sgat bermanfaat. Dan membantu

  7. thanks gan infonya, sangat membantu.

  8. Trims atas infonya

  9. AmPun hilang keprawanan Ban ‎​Ω̶̣̣̥̇̊ќ͡ʊ̤̥̈̇ ,pake leM altecO kan

  10. bener banget tuh..kmren saya hampir frustasi gara2 ban tubles saya baru beli sekitar 1 bln dah kena paku…anehnya dah dipake cairan anti bocor saat paku di cabut malah cairan moncrot kemana2…ya udah paku ta masukin lagi buat sementara sambil nyari tukang tambal ban…setelah dapet ehhhh ban baru saya malah dikorek2,terus dimasukin karet yang gk kepikiran sama sekali saat tukang tambal ngomong…kalau banya gk bisa di tambal …katanya lubangnya terlalu gede. mesti dikasih ban dalem…coba bayangin ban tubles baru sebulan kok dikasih ban dalem ,sedangkan ban saya dah diganti ukuran yg gede,masa mau dikasih ban dalam…wah waaahhh…dalam hati saya ‘ya iyalah orang yang buat ngoreknya segede jari telunjuk gimana lobang gk jadi gede” sdambil mrengut saya bilang dah masukin aja pakunya buwat sementara…orang deket ini rumahnya….sesampenya di rumah saya berpikir gimn caranya…ehh muncul ide dimasukin lem power glue terus dimasukin karet ban bekas sambil ditusukin biar masuk…soalnya lobangnya dah gede keburu dikorek2 ma tukang tambal ban…saya tunggu beberapa menit sambil di elus2 ban kesayangan saya…terus dipompa cuman belum berani di kerasin..yah cukup buat satu orang….setelah 1minggu saya iseng cari di mbah google…orang saya belum yakin…eh malah bener…ya udah ban saya langsung dipompa keras….itulah sekedar pengalaman saya yg mudah 2an bisa bermanfaat buwat sobat semua…sebenarnya orang indonesia itu terlalu kreatif sampe2 nebar paku dijalanan terus dicabutin lagi biar dapet duit yg haram

  11. BELINYA POWER GLUE DIMANA ?

  12. aq sudah coba di ban mobil,tp kok setelah dipake jalan,sehari kemudian bocor lg ya ditempat yg sama,pdhl semua prosedur yg disarankan sdh aq lakukan,bahkan abis dilem,aq tunggu kering sampe semaleman baru sehari setelahnya dipake jalan.. apa yg salah ya?

  13. Mungkin lemnya kurang masuk k’dalam(yg kena lem bagian luarnya saja)

  14. Mungkin bisa ditambahkan abu rokok agar pengeman menjadi tambah kuat, memang kalo bocornya sudh terlalu besar, kebanyakan harus diganti dengan ban dalam, kadang dilem saja tidak akan mampu menahan tekanan angin dari dalam ban

  15. ITU PAKUNYA DILEPAS DULU GA SI? APA LANGSUNG DI POWER GLUE SEKALIAN PAKUNYA?

  16. saya kurang paham pemakaian dongkraknya.ko di dongkrak maksudnya biar apa?kan ban ngga perlu di lepas.mohon penjelasan.

  17. Sory bos udh d cba ga brhasil mungkin sipat powor glu yg keras dg karet yg lentur lemnya patah lagi…,

  18. Trus kl yg pake cewek gimana nih kl bocor di jalan,pasti panik duluan nih…

  19. Keren gan..makasih infonya..ane baru aja mau beli lem tubles biasa..setelah ane liat alatnya..woowww banget..padahal yg masuk di ban cuma paku tindik..klo gtu ane coba ikuti cara ente

  20. Agan jangan asal judge tukang tambal,dan jangan berhiperbola dengan kata-kata dalam artikel anda,anda boleh memberi solusi tapi jangan dengan menambah hiperbola dan penghinaan pada tukang tambal,karena tukang tambal hanya menjalankan profesinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: